Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara merawat keyboard leptop biar awet dan tahan lama

7 Cara merawat keyboard leptop biar awet dan tahan lama - Keyboard adalah salah satu perangkat keras dalam katagori alat masukan yang sangat berperan dalam proses input angka, numerik dan kode yang berfungsi memerintahkan program melakukan sesuatu.

Keyboard merupakan alat masukan yang paling berperan dalam proses kerja suatu leptop, sebab tampa adanya keyboard, fungsi leptop seperti tidak memiliki manfaat sama sekali.

Leptop memang diperuntuhkan untuk memudahkan pekerjaan administrasi kita agar berjalan dengan lebih baik, salah satu kompone yang paling banyak di gunakan adalah keyboard seperti aktivitas mengetik.

Bagi para blogger tentu saja aktivitas mengetik tidak akan bisa dilepaskan dari kehidupan anda, dan komponen yang berperan dalam proses masukkan adalah keyboard.

7 Cara merawat keyboard leptop biar awet dan tahan lama
7 Cara merawat keyboard leptop biar awet dan tahan lama

Jadi tak perlu heran jika keyboard anda cepat sekali rusak, apalagi jika anda tidak menggunakan metode 1 jari dalam pengetikan yang dimana kekuatan penekanan tombol keyboard sangat tinggi.

Biasanya masalah yang sering terjadi pada keyboard bukanlah kerusakan yang fatal contohnya seperti kerusakan sebahagian huruf atau satu tombol huruf misalkan huruf “A”, namun walaupun hanya sekedar huruf “A” tapi akibatnya menjadi sangat luar biasa, bayangkan saja sebuah kata tampa huruf “A” tentu tidak akan bisa terbaca dengan jelas.

Inilah masalah – masalah yang sering dialami oleh para pengguna leptop. Sebabnya ada beberapa jenis komputer yang sangat rentan sekali kerusakan pada bagian keyboard.

Nah, dalam artikel kali ini saya ingin membagikan tips sederhana tentang cara merawat keyboard leptop anda agar tetap awet dan tahan lama. Apa saja yang harus dilakukan? Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan berikut ini.
#Cara merawat keyboard leptop biar awet dan tahan lama

Kerusakan – kerusakan keyboard banyak diiringi dari berbagai faktor, untuk itu perawatannya juga terdiri dari beberapa langkah yang berbeda, semoga tips sederhana ini dapat anda terapkan untuk mengatasi kerusakan keyboard leptop anda secara dini, terutama untuk leptop baru beli. Langkah – langkahnya sebagai berikut :
 
1. Pasang pelindung keyboard
Agar keyboard leptop anda terhindari dari berbagai pertikel debu yang kecil dapat menyebabkan kacaunya arus listrik keyboard serta dapat menyebabakan tersumbatnya daya tekan tombol keyboard yang apabil tarjadi dalam waktu lama dapat memicu kerusakan tombol keyboard. Untuk itu gunakan pelindung keyboard. 

Agar keyboard leptop tidak mudah berdubu, sebaiknya anda letakkan leptop anda didalam tas jika tidak digunakan untuk antisipasi yang lebih optimal.
 
2. Bersihkan Keyboard leptop dari debu dengan alat pembersih
Untuk menjaga keyboard anda tetap bersih, bersihkan keyboard dengan vakum keyboard leptop untuk menyedok berbagai debu-debu kecil pada sela-sela keyboar.
Untuk cara menualnya anda bisa gunakan sikat gigi untuk menarik debu pada sela-sela keyboard. Pembersihan dapat anda lakukan 1 hingga 2 bulan sekali.
 
3. Gunakan metode pengetikan 10 jari
Selain memabantu kerja lebih cepat, metode pengetikan 10 jari memiliki fungsi merawat keyboard leptop. Coba anda lihat dimana anda meletakkan kelingkin anda, ya betul sekali di tombol huruf “A”, kenapa huruf “A” diletakan pada bagian jari kelingking.

Hal ini karna agat daya tekan pada huruf “A” tidak terlalu besar, sebab salah satu huruf abjad yang paling muncul pada kosa kata bahasa indonesia adalah huruf “A”.

Memang banyak sekali yang dapat anda rasakan dengan mengetika 10 jari, selain memudahkan pekerjaan anda, juga dapat merawat keyboad leptop anda, untuk itu mulai dari sekarang biasanya untuk bisa mengetik dengan metode 10 jari.
 
4. jangan melakukan aktivitas mengetik ketika tangan anda basah
Ketika tangan anda basah, sebaiknya anda urungkan untuk aktivitas mengetik hingga jari jemari anda kering totol. Air setetes saja dapat masuk pada sela – sela keyboard yang siap merusak arus listrik keyboard yang akibatnya dapat menyebabkan arus konslet pada jaringan papan keyboard dalam.
 
5. Jauhkan benda  cair yang mudah tumpah pada area leptop
Anda perlu berhati – hati meletakkan segelai minuman didekat leptop, kadang – kadang tampa anda sadari air minum di dalam gelas bisa tumpah mendadak dan mengenai komputer anda, kalau sudah begini bukan hanya keyboard yang akan rusak namun perangkat dalampun akan jadi sasarannya. Untuk sebaiknya jika ingin menum sebaiknya tidak sambil bemain di dekat leptop kesayangan anda.

6. Jangan biasakan menekan tombol secara bersaman lebih dari 4 tombol
Kadang – kadang ketika lagi kesal, anda sering menekan beberapa tombol abjad yang ada pada keyboard, jika kombinasi penekanan tombol benar, maka tidak apa-apa, namun jangan biasakan menekan tombol keyboard secara bersamaan yang tidak ada fungsi apaun atau perintah apapun menggunakan penekanan tombol tersebut, hal ini dasarkan bahwa arus listrik pada keyboard bisa bertabrakan hal inilah yang memicu salah input huruf pada keyboard seperti dalam kasus menekan huruf “B” yang keluar huruf “C”.
 
7. gunakan keyboard komputer USB jika anda sedang berada dirumah
Bagi para blogger sejati, memang aktivitas menulis tidak akan bisa dilepaskan, seperti yang saya lakukan untuk merawat keyboard komputer saya, saya menggukan keyboard komputer dengan port USB yang bisa terkoneksi dengan leptop. Keyboard USB dapat saya gunakan ketika dalam situasi yang mudah digunakan seperti dirumah.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan 7 Cara merawat keyboard leptop biar awet dan tahan lama.

Keyboard memang sarana alat input yang paling banyak digunakan jadi wajar saja jika keyboard mudah rusak terutama keyboard leptop yang memang rentan rusak, untuk itu perawatan dan pencegahanpun harus selalu anda lakukan agar tetap awet dan tahan lama.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai keyboard leptop dan perawatannya, sampai jumpa lagi pada artikel teknologi lainnya ,bye.
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "7 Cara merawat keyboard leptop biar awet dan tahan lama"