Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips unik menjaga daya simpan batrai leptop agar tahan sepanjang masa

Tips unik menjaga daya simpan batrai leptop agar tahan sepanjang masa - Batrai memang menjadi komponen penting yang bertujuan untuk memudahkan pengguna alat eletronik untuk menggunakan alat tersebut dalam keadaan tertentu tampa ada batasan.

Contohnya hari anda ingin membawa leptop anda ke plosok desa yang tidak ada energi listrik, anda tidak perlu khawatir tidak dapat bermain leptop, sebeb leptop memiliki daya batrai atau penyimpanan energi  sehingga dapat digunakan walaupun wilayah tersebut tidak ada pasukan energi listrik, dengan catatan daya batrai masih ada.

Karna penggunaan batrai yang terus menerus disi untuk menampung energi listrik sementara, menyebebabkan kemampuan batrai melemah sehingga kamampuan isi daya batrai menjadi berkurang.

Bagi pengguna smaraphone salah satunya yang paling sering mengganti batrai ponsel, bahkan akhir – akhir ini bermunculan produk baru untuk menyimpan daya batrai untuk smarphone dengan sebutan “power bank”.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa batrai merupakan komponen yang pasti akan diganti setelah pemakaian yang cukup lama. Namun apa yang harus kita lakukan untuk dapat menjaga kualitas batrai agar bisa bertahan lebih lama bahkan gak perlu diganti-ganti selama priode 5 tahun. Wow hebat bukan.

Bagi pengguna leptop batrai memang menjadi masalah tersendiri, selain harganya yang cukup mahal. Kualitas batrai juga cepat down, tidak semua orang mampu mengganti batrai leptop yang sudah down, untuk itu cara unik ini dapat anda gunakan sekarang agar kualitas batrai anda dapat bertahan lama.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengupas mengenai Tips unik menjaga daya simpan batrai leptop agar tahan sepanjang masa. Apa saja itu? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.
 

#Tips unik menjaga daya simpan batrai leptop agar tahan sepanjang masa

Batrai memang perngkat leptop yang cukup dikatagorikan mahal yaitu berikisar antara Rp.700-800.000,00. Karna harganya mahal, tidak semua orang bisa mengganti batrai ketika sudah soax.

Tips unik menjaga daya simpan batrai leptop agar tahan sepanjang masa
Tips unik menjaga daya simpan batrai leptop agar tahan sepanjang masa

untuk itu perawatannyapun cukup ulet juga untuk masalah batrai, karna leptop tampa batrai dapat diibarakan sebagai komputer rumahan. Untuk mengetahui lebih jelasn tips menjaga agar batrai tetap awet daya peimpnanannya, langkah – langkahnya sebagai berikut :
 
1. Gunakan Leptop Seperlunya
Leptop adalah perangkat eletronik yang berfungsi untuk memudahkan penggunanya dalam berbagai pekerajaan, untuk itu sebaiknya leptop digunakan untuk aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan anda, tidak perlu untuk bermain gama atau aktivitas lainnya yang dapat membuat daya batrai cepat melemah.
 
2. Isi batrai ketika batrai tersisa 20%
Jangan biarkan batrai kosong – melompong. Sisikan daya 20% untuk melakukan proses pencargeran ulang batrai leptop, hal ini bertujuan untuk memperpanjang umur batrai serta dapat menjaga agar batrai tidak terbiasa 0% yang berkakibat fatal ketika kemampuan batrai melemah.
 
3. Lepaskan carger ketika sudah penuh
Memang pada beberapa OS sudah dilengkapi fitur yang dapat menghidel daya ketika batrai sudah penuh, tapi jangan salah, pada intinya ketika anda mencarger leptop terlalu lama dan ketika itu batrai sudah penuh dan anda tidak melepaskan carger, jika kebiasaan ini terus anda pertahankan dapat membuat kerusakan secara perlahan pada komponen batrai yang lebih bahayanya dapat menghilangkan kemampuan simpan batrai secara permanen.
 
4. Lepaskan batrai ketika anda bermain dirumah dengan menggunakan carger
Tips ini dapat anda terpkan ketika anda sedang bermaian diarea dekat sumber listrik seperti dirumah, sekolah, perpustakaan dan sebagainya, dengan melepaskan batrai dari leptop dapat memberikan umur yang panjang bagi batrai, hal ini karna penggunaan batrai dapat batasi.

Namun perlu di ingat tindakan ini memiliki resiko juga, ketika listrik padam maka otomatis leptop anda juga akan padam secara mendadak, jika kebiasaan ini terus berlanjut dapat mengaggu hardisk anda, untuk itu pastika tegangan listrik dan sumber listrik di daerah anda berjalan dengan baik agar dapat melakukan tips unik ini.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bukan Tips unik menjaga daya simpan batrai leptop agar tahan sepanjang masa.

Jika kita hitung – hitung harga hardisk dan batrai selisih sekitar Rp.300.000,00 dimana kita ketahui harga hardis berkisar antara Rp.400.000,00.

Ketika memilih tips nomor 4 ternyata anda masih untung karna lebih baik kehilangan hardisk ketimbang kehilangan batrai, dan itupun belum tentu hardisk anda kena selama listrik di daerah anda aman-aman saja.

Semoga artikel yang singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai cara menjaga batrai leptop biar awet, sampai jumpa lagi pada artikel teknologi lainnya, bye.
Jahri Mahfus
Jahri Mahfus Seorang Penulis dan Freelancer

Posting Komentar untuk "Tips unik menjaga daya simpan batrai leptop agar tahan sepanjang masa"